Eraklasik.info, membahaskan mengenai agama, kesihatan, metafizik, herba, penyakit, tokoh, kisah, tips, sains, fakta etc

Adakah Kelapa Selamat Daripada Kolesterol

 

Bagi sebagian orang, rasanya tidak enak kalu sayur yang di santap sehari-hari tanpa adanya santan kelapa. Kehadirannya dalam sayur oleh mereka dianggap menambah sedapnya masakan. Nasi uduk yang cukup terkenal juga memerlukan santan kelapa untuk memberikan sentuhan khas gurih pada rasa dan aromanya. Beberapa jenis kue kadang-kadang juga menggunakan santan kelapa sebagai salah satu bahan dari resepnya. Bahkan beberapa jenis minuman juga memerlukankan santan kelapa untuk menciptakan rasa yang cukup membuatkan lidah kita bergoyang. Akan tetapi adanya anggapan bahwa santan kelapa selalu dikaitkan dengan sesuatu yang berlemak, jantung koroner dan juga makanan yang tidak sehat, cukup membuat orang berpikir dua kali untuk mengkonsumsi santan kelapa. Benarkah demikian.???

 

pohon-kelapa

 

Masih ingatkah kita kalau guru kimia atau guru biologi kita waktu di sekolahan dulu sering kali menyebutkan bahwa asam lemak jenuh selalu dijadikan sebagai sumber kolesterol yang menyebabkan penyakit – penyakit berat seperti halnya penyakit jantung salah satu contohnya. Kalau kita menghindari kelapa karena kandungan lemak jenuhnya, maka kita telah dengan sengaja dituduh terhadap suatu pandangan yang keliru.

Mengapa bisa begitu? kerana sesungguhnya informasi yang benar adalah dari hasil research atau penelitian dan juga dari hasil literatur, kelapa merupakan salah satu makanan yang luar biasa. Di dalam tubuh asam lemak jenuh langsung diubah menjadi tenaga, bukan lemak. Makanya mengambil kelapa, termasuk minyak dan santan kelapa tidak menyebabkan masalah kegemukan / obesitas ataupun meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Akan tetapi justeru yang terjadi adalah sebaliknya, minyak kelapa mendorong peningkatan kolesterol baik (HDL) yang berperanan sebagai pelindung jantung. Bahkan, orang Asia dan Polinesia menyebut kelapa sebagai Pohon Kehidupan.

 

manfaat-minyak-kelapa-untuk-kesehatan

 

CARA SEHAT MENGGUNAKAN KELAPA
Untuk menapatkan manfaat kesehatan dari kelapa dan mengurangi pengaruhnya yang berbahaya yang diakibatkan oleh lemak makanan lain, sebaiknya menggunakan minyak kelapa untuk masak dan untuk keperluan pembuatan makanan. Kebanyakan minyak kelapa mempunyai rasa yang sangat gurih dan dapat digunakan untuk jenis makanan apa saja. Disebabkan minyak kelapa mengandungi lemak jenuh, kepanasannya tidak menimbulkan radikal bebas seperti yang terjadi pada minyak sayur lain.

Untuk keperluan menggoreng, minyak kelapa mempunyai beberapa kelebihannya yaitu tidak diserap kedalam makanan sebanyak seperti hanlnya minyak-minyak sayur lain dan tidak menguap bagitu banyak sehingga bisa digunakan berulang-ulang. Biasanya konsultan gizi tidak menganjurkan mengkonsumsi makanan gorengan karena kebanyakan minyak sayur menjadi beracun ketika digoreng, lain halnya jika anda memakai minyak kelapa, makanan gorengan justeru bermanfaat asalkan tidak dipanaskan secara berlebihnan. Minyak apa saja , termasuk minyak kelapa, akan menghasilkan produk samping yang beracun kala dipanaskan secara berlebihan.

 

KANDUNGAN KELAPA

Telah diketahui bahwa di dalam daging kelapa segar mengandung 33 % minyak. Penambahan kelapa pada setiap makanan yang kita makan dapat berpotensi memberikan perpanjangan umur yang cukup signifikan dalam kehidupan. Kelapa merupakan sumber serat yang baik, yang dikenal sangat bermanfaat untuk fungsi pencernaan yang benar. Kandungan serat yang dimilikinya bisa sampai 3 -4 kali jumlah kebanyakkan buah-buahan dan sayuran.

Disamping kandungan serat, kelapa juga memberikan beberapa macam gizi yang diperlukan untuk kesehatan, karena mengandung protein sama anyaknya seperti pada kacang hijau, wortel dan kebanyakan sayur, kelapa mengandung banyak vitamin b1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, vitamin C, asam folik dan kalsium mineral, besi, magensium, fospor, potasium, sodium, seng dan sebagainya.

7-manfaat-air-kelapa-muda-untuk-ibu-hamil-dan-janin

 

KELAPA DAN SAKIT JANTUNG

Masyarakat yang banyak memanfaatkan kelapa sebagai bagian dari makanan mereka sehari-hari, justru mendapatkan resiko sakit jantung yang sangat kecil dan dipastikan mempunyai kandungan kolesterol yang relatif normal. Keterangan ini banyak didukung oleh observasi epidemilogis dari banyak penelitian. Kebanyakan dari masyarakat yang mengkonsumsi kelapa dalam jumlah banyak justru mempunyai kondisi kesehatan yang sangat baik. Sehingga dari bukti-bukti tersebut menunjukkan bahwa memang benar-benar tidak ada hubungan antara konsumsi kelapa dengan sakit jantung malahan justeru kelapa sehat buat jantung.

Di Sri lanka, masyarakat di sana justru menggunakan kelapa sebagai sumber lemak utama untuk diet selama ribuan tahun. Pengguna rata-rata pada masyarakat di negara ini dilaporkan sebesar 90 kelapa perkapita per tahun. Dan dilaporkan pula bahwa angka sakit jantungnya jauh lebih rendah dibandingkan angka sakit jantung penduduk yang tidak mengkonsumsi kelapa.

Jadi tak ada salahnya jika kita banyak mengkonsumsi kelapa karena sebenarnya memang banyak hal-hal positif yang dapat diperoleh dari kelapa. Dan tidak berlebihan juga kalau FDA (Food and Drug Administration) telah memasukkan minyak kelapa (khusunya) dalam daftar makanan yang sangat dianggap aman.

Disunting Dari: http://familyherbal.net

Google translate

Top 5 Web Hosting Terbaik Malaysia