Eraklasik.info, membahaskan mengenai agama, kesihatan, metafizik, herba, penyakit, tokoh, kisah, tips, sains, fakta etc

Manfaat Minum Teh Hijau Dan Kesan Sampingannya

teh-hijau

 

Siapa yang tidak mengenal teh hijau. Minuman ini sudah sejak dahulu dikenal sebagai minuman herbal yang menyehatkan. Kandungan berbagai nutrisi di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Teh ini juga menjadi kesukaan di kalangan orang yang sedang melakukan program diet.

Teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Ini kerana Teh hijau banyak mengandung nutrisi sehat didalamnya, seperti alkanoid, asam flamino, polifenol, tanin, flavorid serta mineral semacam mangan dan kalium. Jika dibandingkan dengan teh biasa, minuman ini lebih tinggi kandungan polifenolnya. Plifenol ini bermanfaat untuk menurunkan kloesterol jahat dalam darah dan boleh mencegah pembekuan darah dalam tubuh anda.

Apa hanya itu saja manfaat teh hijau bagi kesehatan? Tentu saja tidak, masih banyak manfaat lainnya dari minuman teh hijau ini. Dan berikut dibawah ini adalah beberapa diantaranya :

1. Membantu anda terhindar dari penyakit Alzheimer.
2. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
3. Boleh meningkatkan metabolisme tubuh serta mampu membakar timbunan lemak pada tubuh.
4. Mencegah kelelahan dan boleh meningkatkan fungsi otak.
5. Menyehatkan fungsi pencernaan.
6. Boleh mencegah dan menurunkan kolesterol jahat yang disebabkan oksidasi.
7. Mampu mengurangi risiko stroke.
8. Boleh mencegah resiko penyakit kanser.
9. mencegah multiple sclerosis dan arthritis.
10. Dapat melangsingkan tubuh.
11. Boleh mencegah degenersi membran sel dengan cara meneutralkan penyebaran radikal bebas.

Tapi tahukah anda, dibalik manfaatnya yang luar biasa itu ternyata teh hijau juga boleh memberi efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Seperti yang dilansir Boldsky, berikut dibawah ini adalah beberapa efek sampingnya :

1. Gangguan pencernaan
Terlalu berlebihan minum teh hijau dapat menimbulkan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung tannin yang boleh merangsang lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam.

2. Ubah suasana hati
Mengonsumsi teh hijau yang juga mengandung kafein secara berlebihan boleh membuat orang merasa kerap cemas dan mengalami perubahan suasana hati yang tidak normal.

3. Denyut jantung tak beraturan
Kandungan kafein pada teh hijau selain boleh ubah suasana hati anda, juga boleh menyebabkan denyut jantung tak beraturan, insomnia, buang air kecil yang berlebihan, mual, sakit perut, diare serta dengung pada telinga.

4. Terserapnya gizi dalam tubuh
Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau secara berlebihan maka zat besi yang masuk kedalam tubuh akan berkurang.

5. Gangguan hormon
Minuman yang bermanfaat untuk diet serta kaya antioksidan ini dapat menyebabkan gangguan sekreasi hormon oleh kalenjar jika diminum dalam jumlah yang berlebihan.

1 Comment

  1. November 5, 2017    

    Terfikir sedikit, sebenarnya bagus ke tidak jika nak amalkan teh hijau nie? Bagus pun ada, buruk pun ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google translate

Top 5 Web Hosting Terbaik Malaysia